-->

Apakah Pengaruh Gula Merah Terhadap Daibetes

Apakah Pengaruh Gula Merah Terhadap Daibetes
Apakah Pengaruh Gula Merah Terhadap Daibetes
Apakah pengaruh gula merah terhadap daibetes - Gula pasir (refined sugar) dibuat dari sari batang tebu. Di negara empat musim yang kurang bagus untuk ditanami tebu, gula pasir dibuat dari sari umbi bit. Secara kimia, gula pasir disebut sukrosa yaitu bentuk ikatan kimia gula yang tidak terdapat di alam. Karena itu, gula pasir sesungguhnya tidak serasi dengan sistem pencernaan kita.

Apakah Pengaruh Gula Merah Terhadap Daibetes

Selain berwarna putih bersih, dipasaran sesekali kita masih bisa menemukan gula pasir yang berwarna kecokelatan, karena tidak mengalami proses pemutihan. Biasanya pada labelnya tertulis raw sugar. Meskipun masih lebih kaya nutrisi, kandungan sukrosa dalam "gula mentah" ini masih dominan. Karena itu, gula jenis ini sama bahayanya dengan gula pasir putih bagi kesehatan. Masih sejenis dengan gula pasir, ada lagi brown sugar yang berwarna kecokelatan. Brown sugar adalah gula pasir yang juga telah dicampur dengan mollase.

Selain gula pasir, kita mengenal gula merah. Gula jenis ini dibuat secara tradisional dengan cara merebus nira kelapa atau sari tandan bunga kelapa/aren hingga pekat, kemudian dicetak dengan cetakan khas masyarakat setempat. Misalnya mangkuk tempurung kelapa (batok), potongan bambu (bumbung), kantung daun nipah. Ada banyak jenis gula merah seperti gula kelapa, gula aren atau gula tebu. Gula merah diberi nama berdasarkan bahan bakunya, misalnya gula kelapa terbuat dari jenis tandan bunga kelapa.

Ketiga jenis gula merah ini masih cukup banyak mengandung nutrisi, terutama protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi. Selain itu, kandungan sukrosanya lebih kecil daripada gula pasir per satuan berat yang sama. Karena itu, gula merah murni tidak semanis gula pasir. Dalam jumlah terbatas, gula merah bisa dijadikan pengganti gula pasir.

Namun, ini bukan berarti menggunakan gula merah lebih aman, karena kemampuannya menaikkan kadar gula darah juga agak tinggi, terutama bagi penderita diabetes. Karena itu, konsumsi gula merah pun harus dibatasi.

Anjuran membatasi konsumsi gula merah ini juga berlaku untuk gula semut alias gula palem (palm sugar, palm suiker). Gula palem adalah gula merah berbentuk butiran menyerupai gula pasir.

Demikian artikel tentang Apakah pengaruh gula merah terhadap daibetes, semoga bermanfaat. Sumber : google.co.id