-->

Jangan Keliru! Ketahui Ciri Ciri Gula Merah Asli Yang Bagus

Jangan Keliru! Ketahui Ciri Ciri Gula Merah Asli Yang Bagus
Jangan Keliru! Ketahui Ciri Ciri Gula Merah Asli Yang Bagus
Ciri ciri gula merah asli yang bagus - Saat ini gula merah rekondisi membanjiri pasar. Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih gula merah yang baik, jenis gula merah yang disebut dengan gula Jawa atau gula aren memang ada fungsi gula merah selain sebagai pemanis juga menambah aroma makanan serta warna. Tips kesehatan kali ini saya akan memberi tips bagaimana cara memilih gula merah yang sehat, Gula aren atau gula merah merupakan komoditas penting, sebagian besar masyarakat mengidentifikasi atau mengenal Gula merah sekalipun tetap lebih memilih gula aren asli tapi harga membuat orang berkompromi Kalau bisa harganya sih murah, tapi mau yang bagus dan asli.

Walaupun sebagian besar masyarakat lebih memilih gula pasir namun ada kecenderungan, orang memilih gula merah yang berwarna cerah. Perlu di ingat beberapa hal untuk menghasilkan gula merah yang bagus agar hidangan nikmat, pilih gula merah yang cocok, baik dari teksturnya maupun Rasanya. Ciri-ciri gula merah yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya, berikut adalah tips memilih gula merah yang alami dan aman bagi kesehatan.
  1. Gula merah yang alami permukaannya terlihat rata, padat, tidak berpasir dan tidak memiliki rongga.
  2. Gula merah yang alami lebih keras dan pada dibanding gula merah yang rekondisi.
  3. Gula merah yang alami memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan gula merah rekondisi yang warnanya cenderung menghitam
  4. Saat membeli gula merah, pilihlah yang masih utuh. Tidak terbelah-belah. Kondisi utuh menunjukkan jika gula belum pernah digunakan.
  5. Pilih warna yang lebih tua, karena rasanya lebih manis dan dapat menjadi garnis untuk makanan tersebut. Jika gula merah berwarna pucat, hal ini menunjukkan jika proses memasaknya kurang lama. Juga kurang bagus jika ditambahkan ke makanan.

Cara Memilih Gula Merah Jawa yang Bagus

Manfaat gula merah untuk kesehatan
Gula merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mungkin, selama ini kita mengenal gula merah hanya sebagai bumbu masak atau pemanis buat minuman. Namun tidak banyak yang tahu bahwa gula merah juga bermanfaat bagi kesehatan anda.

Berikut ini beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan anda, seperti dilansir dari laman boldsky:
Pada gula merah terdapat kandungan selenium yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat melemaskan saraf Anda. Meminumnya di malam hari bisa membantu membuat tidur Anda nyenyak.
Gula merah memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibanding gula biasa. Gula pasir biasa bentuk glukosanya sederhana sehingga gampang dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan gula merah, glukosanya solid dan sulit dicerna. Ini baik untuk diet Anda.

Gula merah memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan wanita, untuk mencegah terjadinya anemia atau kurang darah.
Percaya atau tidak, dalam gula merah terdapat antioksidan yang membantu melawan kanker, dan penuaan dini.

Di India, wanita yang usai melahirkan biasanya mengkonsumsi gula merah sebab ia banyak memberi energi untuk pemulihan tenaga. Selain itu juga gula merah mencegah terjadinya pembekuan darah.
Selenium pada gula merah membuatnya mampu membantu menghilangkan kram dan nyeri saat menstruasi.

Menggunakan gula merah sebagai pemanis minuman akan membantu mendinginkan perut. Apalagi bila Anda mengkonsumsinya di musim panas bersama dengan air kelapa muda.

Manfaat Gula Merah Untuk kesehatan dan kecantikan gula ini rasa manisnya masih kalah jauh dengan gula pasir sehingga untuk saat ini banyak yang memilih menggunakan gula pasir. Gula merah ini walaupun hanya digunakan untuk masakan tertentu saja, ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak baik itu bagi kesehatan maupun kecantikan. Dan kalau Anda tahu pasti anda tidak akan meninggalkan gula merah. Nah, berikut ini manfaat gula merah bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Membersihkan darah
Gula merah berperan sebagai agen yang mampu membersihkan racun-racun dari darah Anda.

2. Mengatasi masalah pencernaan
Selain berfungsi untuk membersihkan racun dari darah, gula merah juga bisa mendetoks pencernaan. Caranya tambahkan gula merah di teh, susu atau minuman anda yang lain agar bisa melancarkan pencernaan.

3. Membantu mengatasi sariawan
Sariawan bisa dicegah secara alami dengan gula merah, tapi harus ada tambahan bahan alami yaitu kunyit asam. Caranya segelas kunyit asam dimasak dengan gula merah. Fungsi dari kunyit untuk mencegah peradangan sedangkan gula merah untuk mendinginkan suhu tubuh.

4. Mencegah Anemia
Gula merah mengandung zat besi sehingga membantu mengatasi masalah anemia ketika wanita menstruasi.

5. Mencegah Jerawat
Gula Merah bisa mengatasi masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Gula merah yang rasanya manis ini tidak menyebabkan peradangan kulit, sehingga cukup aman dikonsumsi kalau Anda menginginkan kulit yang lembut dan bersih.

6. Mencegah batuk dan demam
Gula merah memiliki sifat mendinginkan sehingga boleh dikonsumsi ketika Anda terkena batuk kering dan demam. Caranya cukup diseduh tau dicampurkan ke menu makanan. Gula merah ini bisa membantu Anda untuk mengencerkan dahak dan membikin batuk cepat reda.

7. Mencegah Asma
Penderita asma dianjurkan untuk menggunakan gula merah dan mengurangi gula pasir. Ketika temperatur tubuh terjaga, asma dapat diatasi dan tidak mudah kambuh. Gula merah juga memiliki sifat anti alergi.

8. Meredakan nyeri saat menstruasi
Seringkali para wanita ketika menstruasi perut terasa nyeri. 

Nah, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit asam yang diseduh dengan gua merah, maka nyeri perut tersebut akan bisa reda.

Faktanya, gula merah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang jauh lebih banyak dari pada gula pasir. Teksturnya yang kasar dan tak mudah larut membuatnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin tetap sehat.

Jadi, bila Anda sedang berfikir untuk mengganti gula pasir Anda, maka pilih saja gula merah.
Previous
This Is The Oldest Page